Tampil Perkasa, Ongen Saknosiwi Sabet Sabuk Juara Dunia IBA

Home / Olahraga / Tampil Perkasa, Ongen Saknosiwi Sabet Sabuk Juara Dunia IBA
Tampil Perkasa, Ongen Saknosiwi Sabet Sabuk Juara Dunia IBA Ongen Saknosiwi berhasil sabet sabuk dunia versi IBA dalam Mahkota Boxing Series Kota Batu. Minggu, (17/11/2019). (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESKALTIM, BATU – Petinju Indonesia, Ongen Saknosiwi tampil perkasa saat menyabet gelar juara dunia kelas bulu versi IBA (International Boxing Association) usai mengalahkan Marco Demecillo dari Filipina dalam gelaran Mahkota Boxing Series Kota Batu

Ongen berhasil menang angka mutlak dalam 12 ronde yang berlangsung di Halaman Depan Jatim Park 3, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (17/11/2019).

Boxing-2.jpg

Tiga hakim memberikan nilai kemenangan 116-112, 118-110 dan 116-112, bagi Ongen.

Meski sempat hampir terjatuh, Ongen, yang tercatat sebagai anggota TNI AU dengan pangkat Prajurit Kepala (Praka) berhasil bangkit.
"Kanvas arena laga sedikit licin membuat saya hampir terjatuh,"akunya. 

Ongen Saknosiwi lebih banyak mengandalkan counter puncher atau serangan balik di ronde-ronde awal. Namun, memasuki ronde ketujuh, petinju asal Maluku ini mulai lebih tampil menekan dengan mengandalkan kombinasi pukulan.

Boxing-3.jpg

Di ronde kesepuluh, kedua petinju terlihat mulai kelelahan. Namun di ronde terakhir Marco Demecillo tampil ganas dengan terus menyerang Ongen.
Namun agresivitas di ronde akhir tidak mampu membuat Marco menang.

Usai pertarungan, Ongen, petinju kelahiran 15 Juli 1994 ini mengatakan, mempersembahkan kemenangan ini untuk kedua orangtuanya yang hadir, Mahkota Promotion juga untuk kesatuannya TNI AU.

"Kemenangan ini adalah bonus buat saya, karena saya hanya berpikir dan bertanding saja. Kemenangan ini saya persembahkan terutama buat kedua orangtua saya, buat Mahkota Promotion, dan untuk kesatuan saya TNI AU, dan juga tentunya untuk masyarakat Indonesia," paparnya.

Boxing-4.jpg

Kemenangan ini juga menjadi sejarah baru bagi prajurit berpangkat Praka itu karena menyabet gelar juara dunia tercepat diraih dalam jumlah pertandingan profesional di bawah 10 pertandingan.

Pertandingan di Kota Batu ini juga menjadi pengalaman pertamanya bermain sebanyak 12 ronde atau full. 

Sebelumnya sebanyak kurang lebih tujuh kali pertandingan, Ongen selalu menang KO di bawah 10 ronde.

"Dalam tujuh pertarungan sebelumnya saya menang (KO) dan saya main paling banyak hanya 4 ronde, tapi disini sampai 12 ronde, saya pikir lawannya sangat tangguh dan tahan pukul. Untuk selanjutnya saya ingin berlatih lebih keras lagi di pertandingan berikutnya," ucap Ongen petinju dengan catatan delapan kali main dengan delapan kemenangan (7 KO).

Boxing-5.jpg

Ditemui di waktu yang sama, orang tua Ongen Saknosiwi mengaku bangga atas prestasi anaknya menjadi juara dunia kelas bulu versi IBA dalam kejuaraan Mahkota Boxing Series Kota Batu

"Saya jauh datang dari Pulau Buru dan bangga. Saya juga membawa keluarga, ibu dan kakaknya," ujar ayah Ongen, Michael Saknosiwi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com