Sering Disepelekan, Waspadai Tanda Kanker Usus Besar Ini

Home / Gaya Hidup / Sering Disepelekan, Waspadai Tanda Kanker Usus Besar Ini
Sering Disepelekan, Waspadai Tanda Kanker Usus Besar Ini Ilustrasi - sakit perut parah (FOTO: HonestDocs)

TIMESKALTIM, JAKARTAKanker usus besar seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas di fase-fase awal sehingga membuat kita tidak menyadarinya. Kanker usus besar sebenarnya lebih sering ditemukan di orang-orang dengan usia lebih dari 50 tahun, namun kini kasus kanker ini juga semakin sering terjadi di orang dengan usia muda.

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut adalah beberapa tanda dari kanker usus besar yang seringkali tidak kita sadari.

1. Refluks asam lambung sulit untuk diatasi

Gejala yang paling umum terjadi jika kita mengalami kanker usus besar adalah refluks asam lambung yang sulit untuk diatasi. Kondisi ini bahkan bisa membuat asam lambung mencapai pangkal tenggorokan dan membuat kita merasa sangat tidak nyaman.

Biasanya, kondisi ini memang lebih terkait dengan gangguan pada lambung atau karena pola makan yang tidak sehat, namun jika kita mengalami kanker usus besar, akan muncul tumor di saluran pencernaan yang bisa merangsang produksi asam lambung menjadi jauh lebih banyak dari biasanya. Hal inilah yang nantinya memicu refluks asam lambung yang cukup parah.

2. Sering mengalami sakit perut parah yang datang secara tiba-tiba

Gejala lain dari kanker usus besar yang sebaiknya kita waspadai adalah seringnya mengalami sensasi sakit perut yang parah yang datang secara tiba-tiba. Terkadang, sakit perut ini bahkan muncul setelah kita makan. Hal ini ternyata disebabkan oleh adanya sumbatan pada usus yang membuat laju makanan terhambat dan akhirnya membuat kita mengalami sensasi nyeri pada perut ini.

3. Sering mengalami perut kembung

Perut kembung sebenarnya wajar muncul jika kita menelan udara terlalu banyak saat makan atau mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa memicu produksi gas dalam jumlah yang banyak di dalam perut. Hanya saja, jika kita tergolong sering mengalami sensasi perut kembung dan begah sehingga membuat perut terus terasa penuh, bisa jadi hal ini adalah tanda dari kanker usus besar yang harus diwaspadai.

4. Penurunan berat badan secara drastis

Kanker usus besar bisa menyebabkan perdarahan pada usus. Biasanya, darah ini akan ikut keluar saat buang air besar. Masalahnya adalah jika terjadi perdarahan cukup parah, dikhawatirkan akan menyebabkan kadar zat besi di dalam tubuh menurun drastis dan akhirnya membuat tubuh menjadi lebih lemah.

Selain itu, jika kita mengalami penurunan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat, besar kemungkinan hal ini juga menandakan kanker usus besar yang wajib untuk diwaspadai.

5. Perdarahan saat buang air besar

Selain wasir, kanker usus besar juga bisa menyebabkan perdarahan saat buang air besar. Jika darah berwarna segar, bisanya hal ini terjadi akibat wasir, namun jika warna darah sudah cenderung lebih gelap atau marun, bisa jadi hal ini menandakan perdarahan di dalam usus besar yang menandakan adanya kanker.

6. Kebiasaan buang air besar berubah

Jika kita mengalami sembelit atau diare berkepanjangan hingga lebih dari empat minggu, bisa jadi hal ini menandakan kanker usus. Selain itu, jika terjadi sumbatan di bagian rektum, maka kotoran akan sulit untuk dikeluarkan sehingga bentuknya berubah menjadi tidak normal seperti menjadi sangat tipis atau pensil, maka hal ini juga bisa saja menandakan adanya kanker usus besar. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com