Akibat Jarang Mencuci Handuk, Bisa Jadi Sarang Bakteri Lho

Home / Gaya Hidup / Akibat Jarang Mencuci Handuk, Bisa Jadi Sarang Bakteri Lho
Akibat Jarang Mencuci Handuk, Bisa Jadi Sarang Bakteri Lho Handuk. (foto: Vebma.com)

TIMESKALTIM, JAKARTA – Seberapa sering Anda mencuci handuk? Bisa jadi Anda mencuci handuk sebulan sekali, karena menganggap pemakaiannya hanya untuk mengeringkan tubuh yang sudah bersih setelah mandi. Padahal, handuk juga bisa jadi sarang mikroorganisme. Apa saja akibat jarang mencuci handuk?

1. Handuk bisa jadi sarang bakteri

Memang, penggunaan handuk adalah untuk mengeringkan tubuh yang sudah bersih. Jadi handuk sering dianggap tidak kotor. Namun, menurut Philip Tierno, PhD, profesor klinis patologi dan mikrobiologi dari NYU School of Medicine, Amerika Serikat (AS), setelah mandi tak semua bakteri tersapu bersih. Beberapa masih tertinggal di tubuh. Nah, saat mengeringkan tubuh dengan handuk, bakteri di tubuh bisa berpindah ke handuk dan mulai berkembang biak.

Sedangkan menurut Chuck Gerba, PhD, profesor mikrobiologi dari Universitas Arizona, AS, seperti dikutip di Reader’s Digest, bakteri akan terus menumpuk setiap Anda menggunakan handuk setiap harinya.

2. Risiko terjadinya infeksi

Mengelap tubuh dengan handuk kotor bisa meningkatkan risiko infeksi. Ketika Anda menggosok tubuh kuat-kuat dengan handuk, kulit bisa tergaruk. Lecet atau luka (bahkan yang tak kasatmata) bisa menjadi pintu masuk bakteri ke dalam tubuh.

Meski demikian, terkena penyakit akibat pemakaian handuk yang kotor kasusnya sangat jarangnya. Selain itu, bertukar handuk dengan orang lain juga meningkatkan risiko tertular penyakit kulit.

3. Timbulnya jerawat

Jika Anda cenderung berjerawat (acne-prone), Anda sebaiknya cuci handuk setelah menggunakannya. Saat Anda menggosok kulit dengan handuk kotor, khususnya pada kulit dengan pustula (gelembung yang berisi nanah) yang terbuka, bakteri bisa masuk ke dalam tubuh dan memunculkan jerawat baik di wajah, punggung, atau bagian tubuh mana pun.

Untuk menghindari akibat jarang mencuci handuk, Prof. Gerba dan Prof. Tierno merekomendasikan Anda untuk mencuci handuk setiap 2-3 hari. Lebih dari itu, mikroorganisme tersebut akan membuat handuk kotor. (*)

sumber: Klik Dokter

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com