Anak Susah Tidur Tepat Waktu? Ini Tips Mudah Mengatasinya

Home / Gaya Hidup / Anak Susah Tidur Tepat Waktu? Ini Tips Mudah Mengatasinya
Anak Susah Tidur Tepat Waktu? Ini Tips Mudah Mengatasinya ILUSTRASI (FOTO: independent.ie)

TIMESKALTIM, JAKARTA – Mengajak anak tidur tepat waktu kadang bukanlah hal yang mudah. Anak-anak kadang masih ingin bermain saat jam tidurnya tiba. Padahal, mengajarkan anak tidur tepat waktu bisa menjadi salah satu cara agar anak bisa disiplin waktu. Jika anak tidur cukup hal ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

Jika anak sering rewel atau sulit ketika sudah waktunya untuk tidur, Anda tak perlu lansung emosi. Berikut ini berbagai cara yang bisa Anda lakukan agar anak tidur tepat waktu.

1. Ciptakan ruangan yang redup dan tenang

Pastikan kamar tidur anak redup dan tenang. Jangan sampai kamar tidur anak pada malam hari diterangi banyak cahaya. Kamar tidur yang gelap total memang tidak disarankan. Baiknya Anda menggunakan lampu tidur dengan cahaya remang-remang sesuai kebutuhan.

Membiarkan lampu di kamar tidur menyala pada malam hari bisa menghambat pelepasan melatonin, sehingga membuatnya jadi susah tidur. Selain itu, pastikan juga kamar tidur anak bebas dari suara-suara yang mengganggu agar saat waktunya tidur, ia bisa mudah terlelap.

2. Jaga asupan makanan anak pada malam hari dan menjelang tidur

Makan camilan manis sebelum tidur dapat menyebabkan lonjakan tingkat energi, sehingga anak menjadi semakin susah tidur. Akan tetapi, makanan manis bukanlah satu-satunya jenis yang sebaiknya dihindari sebelum tidur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi dari protein dan karbohidrat seperti oatmeal dengan susu atau roti dengan selai kacang natural bisa membentuk asam amino tertentu yang menimbulkan rasa kantuk.

Jenis makanan lainnya yang juga bisa membantu tidur anak lebih nyenyak adalah yoghurt, pisang, ayam, telur, dan ikan tuna.

3. Hindari penggunaan gawai

Anak-anak zaman sekarang, apalagi usia prasekolah, sudah mengerti penggunaan gawai. Lakukan kontrol dan buat aturan bersama untuk stop menggunakan gawai saat waktunya tidur.

Menciptakan lingkungan bebas teknologi 30 menit sebelum waktu tidur anak, Anda dapat membantu menciptakan zona ramah tidur.

4. Tetapkan jam tidur secara tegas

Anak bisa susah tidur kalau waktu tidurnya berbeda-beda tiap malam. Karenanya, menetapkan waktu tidur yang sama setiap malam sangat penting, begitu juga dengan rutinitas pagi.

Dengan membuat dan menetapkan aturan waktu tidur yang sama setiap malamnya, dan membuat mereka menyadari kapan waktunya sudah harus tidur, ini lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan.

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengajak anak tidur tepat waktu. Jika tak langsung berhasil, Anda bisa mengulanginya lagi. Semua usaha ini sangat penting agar anak tidur cukup, sehingga dapat menunjang aktivitasnya sekaligus untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com