Perut Panas Usai Konsumsi Makanan Pedas? Atasi dengan Cara Ini

Home / Gaya Hidup / Perut Panas Usai Konsumsi Makanan Pedas? Atasi dengan Cara Ini
Perut Panas Usai Konsumsi Makanan Pedas? Atasi dengan Cara Ini Perut panas setelah makan pedas. (Klikdokter)

TIMESKALTIM, JAKARTA – Pernahkah Anda merasakan perut panas setelah konsumsi makanan pedas? Sebenarnya yang wajar jika perut panas setelah makan pedas. Makanan pedas akan merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan suhu tubuh. Sensasi ini disebabkan oleh zat capsaicin yang terkandung dalam cabai.

Saat capsaicin bersentuhan dengan lapisan lambung, saraf yang ada di bagian tersebut langsung mengirimkan sinyal rasa sakit dan panas. Namun, reaksi ini tidak berlaku untuk semua orang. Lalu, bagaimana cara mengatasi perut panas akibat makan pedas?

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi perut panas akibat makanan pedas.

1. Minum teh peppermint

Peppermint dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, termasuk irritable bowel syndrome (IBS), kram perut, mual, muntah, dan perut kembung. Peppermint memiliki zat antinyeri yang dapat mengurangi rasa nyeri perut dan perut panas.

Selain lewat suplemen herbal, Anda bisa segera hirup aromaterapi peppermint atau seduh daun peppermint kering dan minum selagi hangat untuk menenangkan perut Anda.

2. Hindari rokok, alkohol, atau kafein

Merokok setelah makan pedas justru dapat memperparah rasa perut panas. Hal ini karena merokok dapat melemahkan kinerja otot pada lambung yang berfungsi mencegah asam lambung naik ke tenggorokan. Kafein dan alkohol juga akan memberi efek yang sama pada perut Anda.

3. Minum susu

Banyak orang yang sudah tahu akan khasiat minum susu dalam mengatasi masalah pedas ataupun perut panas. Susu dapat menetralkan asam dari makanan pedas yang Anda konsumsi.

Namun perlu dicatat, jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena hal tersebut bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Cukup minum setengah cangkir susu dan duduk dalam posisi tegak selama 30 menit.

4. Makan buah dan sayur

Untuk mencegah dan mengatasi perut panas akibat makan pedas, disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur sebelum dan sesudah makan makanan pedas.

Hal ini karena buah dan sayur dapat meluruhkan capsaicin yang terdapat pada cabai, yaitu kandungan yang bisa menyebabkan rasa panas pada perut pasca mengonsumsi makanan pedas.

5. Yogurt

Mengonsumsi yogurt rupanya juga dapat mengatasi perut panas akibat makan pedas. Hal ini karena yogurt mampu membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus yang mampu membantu melepaskan suhu panas dan membantu memperlancar pencernaan.

Makanan pedas memang nikmat dan bisa membangkitkan nafsu makan. Namun, penting bagi Anda untuk tetap waspada jika mengalami perut panas setelah makan pedas. Jika Anda tidak mengalami perbaikan atau terjadi terus menerus lebih dari 3 jam, maka segera hubungi dokter Anda. Kemungkinan Anda menderita luka di lambung (ulkus peptikum) dapat terjadi dan membutuhkan penanganan yang tepat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com