Naik Tangga Bisa Bikin Tubuh Sehat, Lho

Home / Gaya Hidup / Naik Tangga Bisa Bikin Tubuh Sehat, Lho
Naik Tangga Bisa Bikin Tubuh Sehat, Lho Ilustrasi Naik Tangga. (FOTO: Thinkstock)

TIMESKALTIM, JAKARTA – Tahukah Anda jika naik tangga termasuk aktivitas yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika malas, Anda tak perlu pergi ke gym atau tempat olahraga lain untuk mendapatkan tubuh yang sehat Melansir dari healthline, berikut ini manfaat naik turun tangga, baik untuk kesehatan tubuh maupun mental.

1. Bakar kalori

Naik tangga bisa membantu Anda menjaga berat badan. Naik tangga bisa membakar 180 sampai 260 kalori, tergantung dari berat tubuh dan kebiasaan Anda saat naik tangga. Artinya, kebiasaan ini sama seperti Anda melakukan olahraga berat.

2. Tulang lebih sehat dan kuat

Latihan menahan beban, seperti menaiki tangga, dapat membantu mengurangi risiko dari osteoporosis. Naik tangga dapat meningkatkan massa tulang, yang penting untuk tubuh kita dan mencegah tulang mengalami keropos akibat usia yang terus bertambah. 

3. Mengurangi risiko penyakit stroke

Naik tangga juga dapat mengurangi risiko penyakit stroke pada pria, peningkatan denyut jantung, dan penurunan fisiologis terkait penuaan.

4. Membuat otot jadi lebih kuat

Naik tangga juga dapat menguatkan otot, baik otot pada paha belakang maupun  paha depan. Naik tangga dapat membantu menjaga kesehatan otot, seperti ketika Anda berjalan, berlari, dan melakukan olahraga lainnya. 

5. Meningkatkan fungsi paru-paru

Naik tangga juga dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), daripada melakukan olahraga. Naik tangga ini merupakan cara sederhana dan aman yang bisa Anda lakukan setiap hari. 

6. Membuat pikiran lebih positif

Saat menaiki tangga, tubuh melepaskan endorfin, yang merupakan hormon untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa stres. Nah, hormon ini baik untuk tubuh karena bisa membuat pikiran kita jauh lebih positif sehingga kita lebih produktif saat bekerja.

7. Menurunkan rasio kematian

Kurang olahraga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit mematikan, seperti jantung, kanker, dan diabetes. Nah, salah satu cara sederhana untuk mengurangi risiko kematian adalah dengan naik tangga. Cara ini mudah dilakukan setiap hari, serta bisa membuat tubuh lebih sehat.

American Heart Assotiations merekomendasikan untuk naik tangga setidaknya 5-10 menit selama beberapa hari, lalu tingkatkan sampai 30 menit sehari. Yuk, mulai biasakan naik tangga sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com