KKP RI Dorong Swasta Tingkatkan Produksi Komoditas Ekspor

Home / Ekonomi / KKP RI Dorong Swasta Tingkatkan Produksi Komoditas Ekspor
KKP RI Dorong Swasta Tingkatkan Produksi Komoditas Ekspor Ilustrasi. Komoditas udang yang diekspor. (FOTO: Info Agribisnis

TIMESKALTIM, JAKARTA – Dirjen Perikanan Budi Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto mendorong pihak swasta untuk dapat lebih meningkatkan produksi komoditas sektor kelautan dan perikanan yang berorientasi ekspor.

Menurut Slamet Soebjakto, sejauh ini produk akuakultur memperlihatkan tren perkembangan ekspor yang sangat positif, di mana komoditas udang memberikan porsi hampir 40 persen terhadap total ekspor perikanan.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya tengah merancang bagaimana produktivitas akuakultur bisa terus digenjot, meningkatkan efisiensi dan nilai tambah melalui pengelolaan yang terintegrasi dan ramah lingkungan. 

"Tentu kami akan gandeng sektor swasta dan memfasilitasinya guna memastikan iklim usaha dan investasi bisa kondusif," ujarnya dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (15/1/2020), seperti dikutip dari Antara

Slamet menambahkan, semakin meningkatnya ekspor produk akuakultur menunjukkan bahwa kualitas produk, manajemen ketelusuran dan jaminan keamanan pangan semakin baik.

Selain mendorong swasta meningkatkan produksi komoditas perikanan yang berorientasi ekspor, Dirjen Perikanan Budidaya KKP ini mengapresiasi atas keberhasilan ekspor pakan yang dilakukan. "Ekspor pakan ini luar biasa, karena selama ini kita impor, bahan baku utama seperti tepung ikan dan kedelai," tuturnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com