Kemendagri: Humas Harus Tingkatkan Kapasitas di Era Kertebukaan Informasi

Home / Berita / Kemendagri: Humas Harus Tingkatkan Kapasitas di Era Kertebukaan Informasi
Kemendagri: Humas Harus Tingkatkan Kapasitas di Era Kertebukaan Informasi Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di kantornya, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMESKALTIM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo menekankan pentingnya peningkatan kapasitas pejabat kehumasan di era keterbukaan saat membuka Pertemuan Nasional Pejabat Kehumasan Tahun 2019 di Ruang Sidang Utama (RSU) Gedung A Lt. 3, Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

"Humas harus ditingkatkan kapasitasnya dari sisi teoritis maupun keterampilan penguasaaan informasi komunikasi dan telekomunikasi karena kita dihadapkan pada era keterbukaan, bahkan Medsos kita berkembang dengan kompleks. Jangan biarkan informasi yang beredar menjadi bola liar, segera tanggapi, makanya penting kapasitas pejabat Humas ditingkatkan," ujar Hadi.

Tak hanya itu, Hadi meminta Pejabat Humas proaktif dan responsif atas permasalahan yang ada. Humas dituntut mengetahui segala permasalahan dan kebijakan di daerah yang menyangkut dengan Perda, Pergub maupun aturan lainnya untuk disampaikan kepada masyarakat.

"Humas harus responsif, proaktif, peka atas permasalahan yang ada. Selalu perbaharui database di daerah terkait informasi peraturan yang ada di daerah agar mampu memberikan informasi dan menampung aspirasi masyarakat,” pesan Hadi.

Selain itu, Hadi menekankan pentingnya penetapan Juru Bicara agar dapat melayani dan memberikan informasi kepada masyarakat semaksimal mungkin.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menandatangani Surat Edaran (SE) Nomor 480/3502/SJ dan 480/3503/SJ untuk Gubernur dan Bupati/Walikota, tentang penunjukan Juru Bicara di lingkungan Pemerintah Daerah. 

“Pranata Humas harus menetapkan Juru Bicara yang tidak hanya bisa bicara tapi memiliki pemikiran komprehensif dan mampu menyikapi permasalahan di daerah,” tandas Hadi, Sekjen Kemendagri. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com