Duh! 26 Balita di NTB Positif Terjangkit Covid-19

Home / Berita / Duh! 26 Balita di NTB Positif Terjangkit Covid-19
Duh! 26 Balita di NTB Positif Terjangkit Covid-19 Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nuhandini Eka Dewi (kanan) saat menggelar jumpa pers di Gedung Sangkareang, Kota Mataram, Rabu (27/5/2020).(Foto: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESKALTIM, MATARAM – Data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB menyebutkan, sebanyak 26 Balita di NTB telah terpapar Virus Corona. Sementara itu, ada 39 anak usia 6 hingga 18 tahun di NTB yang juga telah terjangkit Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nuhandini Eka Dewi mengatakan NTB menempati posisi kedua bayi dan anak anak yang terpapar Covid-19 setelah provinsi Jawa Timur. 

"Ini yang juga menjadi perhatian kita, total ada 77 anak-anak dan bayi yang terkena Covid-19. Mereka rentan terpapar karena sistem imunitas khususnya bayi belum terbentuk sempurna. Dari pola tertular sebagian besar tertular dari virus liar dan dari orang tanpa gejala serta transmisi lokal," ungkap Eka, di Mataram, Rabu (27/5/2020) 

Eka menjelaskan, cara terbaik menghindarkan anak-anak terpapar Covid-19, adalah para orang tua sebaiknya tidak mengajak anak-anak keluar rumah melainkan harus tetap di dalam rumah.

Selain itu, Ia juga meminta dalam penggunaan masker bagi anak maksimal satu jam. Karena akan mengganggu kesehatan dan sistem pernapasan bila penggunaan masker terlalu lama bagi anak.

'Maksimal satu jam anak-anak boleh dipakaikan masker, kalau lebih dari itu bisa mengganggu sistem pernapasan dan itu tidak baik, jadi bagi para orang tua agar tidak membawa anak anak nya keluar itu lebih aman bagi anak-anak," ucapnya.

Ia menambahkan, semua anak yang kena pnemunonia dimasukkan ke dalam pasien dalam pengawasan (PDP) sehingga ditangani intensif oleh tenaga medis serta dimasukkan ke ruang isolasi.

"Para Balita dan anak-anak ini akan ditangani secara medis dan perawatannya dilakukan di ruang isolasi di semua fasilitas kesehatan di NTB," ucap Eka mengabarkan tentang perkembangan Covid-19 di NTB.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com