Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon Tetap Menggelar Shalat Jumat

Home / Berita / Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon Tetap Menggelar Shalat Jumat
Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon Tetap Menggelar Shalat Jumat Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESKALTIM, CIREBON – Meskipun banyak pro dan kontra di tengah pandemi Covid-19, Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon, Jawa Barat tetap melaksanakan shalat Jumat pada hari ini, Jumat (27/3/2020). Hal tersebut merupakan keputusan hasil rapat pengurus Masjid Raya At-Taqwa dan Pemerintah Kota Cirebon.

Ketua At-Taqwa Center, Ahmad Yani menjelaskan, banyak pertanyaan masyarakat terkait sikap Masjid Raya At-Taqwa, apakah akan melaksanakan shalat Jumat atau tidak, di tengah situasi pandemi virus Corona.

"Kami berkonsultasi dengan stakeholder termasuk ke Pemkot, dan memperhatikan fatwa MUI, maka kami menerbitkan maklumat tentang ibadah Shalat Jumat di tengah maraknya penyebaran Covid-19," ujarnya, Jumat (27/3/2020).

Untuk itu, Yani melanjutkan, Masjid Raya At-Taqwa masih tetap menyelenggarakan shalat Jumat pada tanggal 27 Maret 2020 hari ini. Namun, tentunya dengan beberapa catatan bagi para jamaah.

Yani menjelaskan, pihaknya pun melakukan protokol pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus Corona, seperti wajib menggunakan masker, wajib membawa sajadah sendiri, dan hand sanitizer.

Kemudian, social distancing juga akan diterapkan seperti mengarahkan para jamaah agar jaga jarak dan jangan merapatkan shaf. Kemudian sebelum dilakukan Shalat Jumat, masjid akan disemprot desinfektan terlebih dahulu.

"Kepada jamaah diimbau untuk tidak salaman dan berpelukan selama wabah Corona ini masih terjadi," tuturnya.

Jamaah yang sakit juga dilarang ke Masjid Raya At-Taqwa Cirebon, dan tetap di rumah saja. Pelaksanaan shalat Jumat cukup diganti dengan shalat zuhur saja, agar dia tidak menularkan kepada jamaah yang lainnya di masjid. "Mohon jangan panik, karenanya memohon doa agar wabah ini cepat berlalu, dan jamaah yang salat bisa bersama-sama memperbanyak sedekah," harapnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com