Survei Alvara: Kepuasan Publik pada Lembaga Negara, TNI dan Polri Tertinggi

Home / Berita / Survei Alvara: Kepuasan Publik pada Lembaga Negara, TNI dan Polri Tertinggi
Survei Alvara: Kepuasan Publik pada Lembaga Negara, TNI dan Polri Tertinggi TNI dan Polri menduduki peringkat tertinggi survei kepuasan publik versi Alvara (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESKALTIM, JAKARTAAlvara Research Center mencatat jika TNI dan Polri menduduki peringkat pertama dan kedua pada survei kepuasan publik terhadap kinerja lembaga negara dalam 100 hari kerja pemerintahan Presiden RI Jokowi (Joko Widodo).

"Posisi pertama diduduki oleh TNI dengan tingkat kepuasan 85,2 persen. Posisi kedua diduduki Polri dengan tingkat kepuasan 72,7 persen," ungkap CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali melalui keterangan tertulis pada Rabu (12/2/2020) lalu.

Posisi ketiga dan keempat diduduki Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tingkat kepuasan masing-masing 72,7 persen dan 72,4 persen.

Dari survei tersebut, tercatat beberapa lembaga negara mengalami perubahan peringkat. Misalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menempati posisi kelima pada survei Februari 2020, merosot dari sebelumnya peringkat kedua pada survei Agustus 2019.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) turun dari peringkat 7 pada survei Agustus 2019 menjadi peringkat 8 pada survei Februari 2020.

Hasanuddin Ali menambahkan jika peringkat terbawah masih diduduki parpol dan lembaga legislatif, yakni Partai Politik (60,8 persen), MPR (60,2 persen) dan DPR (53,7 persen).

Survei Alvara Research Center kali ini dilakukan pada periode akhir Januari hingga awal Februari dengan melibatkan 1.000 responden dan margin error 3,16 persen, serta Tingkat Kepercayaan 95 persen. Data diperoleh melalui wawancara tatap muka dengan multistage random sampling di 13 provinsi Indonesia. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com