Indikator
  • Undercontruction
Opini

Penguatan Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa

Home / Opini / Penguatan Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa
Penguatan Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa Abdul Halim Fathani (Grafis: TIMES Indonesia)

KALTIMTIMES, MALANGPENDIDIKAN karakter, akhir-akhir ini semakin mendapat fokus perhatian dari banyak kalangan. Tidak hanya dari praktisi atau pemerhati pendidikan saja. 

Fakta ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter penting untuk dikawal dalam membentuk masyarakat Indonesia yang baik dan unggul. Untuk mengawal implementasi pendidikan karakter, Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membangun portal khusus melalui laman: http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id. 

Belum berhenti di situ, dalam rangka memperkuat dan menjadikan karakter sebagai ruh pendidikan di Indonesia, terbaru –pada 6 September 2017– Presiden RI menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Penguatan pendidikan karakter ini didesain untuk menyiapkan generasi emas 2045 yang memiliki keunggulan dalam persaingan global abad 21. 

Dalam Perpres tersebut, dijelaskan bahwa penguatan pendidikan karakter merupakan gerakan pendidikan di bawah tanggungjawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (Bab I, pasal 1). Sekali lagi, perlu digarisbawahi “di bawah tanggungjawab satuan pendidikan”. Satuan pendidikan merupakan kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal. (Bab I, pasal 4).

Sementara, dalam praktik penyelenggaraan penguatan pendidikan karakter pada jalur pendidikan formal dilakukan secara terintegrasi dalam kegiatan: intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Pelaksanaannya dilakukan di dalam dan/atau di luar lingkungan satuan pendidikan formal. (Bab II, pasal 6)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com